Tobasa, Pasangan KALIBER Ungguli Incumbent…

Written by Redaksi Web

Thursday, 13 May 2010 06:43

Pasangan Kasmin Simanjuntak-Liberty Pasaribu (KALIBER) memperoleh suara terbanyak pada Pilkada Toba Samosir (Tobasa), Rabu (12/5).

Berdasarkan hitungan cepat “Quick Count” versi Tim Kaliber diprediksi pilkada Tobasa hanya terjadi satu putaran saja karena tingkat kesalahan hitungan cepat ini sekitar 5 persen, sementara pasangan KALIBER menang telak dengan memperoleh suara terbanyak.

“Saat ini, jumlah suara sah pasangan KALIBER lebih unggul atau masih berada di posisi atas dibanding dengan para calon yang lain,” kata Mangapul Siahaan Ketua Umum Tim Pemenangan, kepada Global, Rabu (12/5) di kantor sekretariat (Posko) Tim Pemenangan Kaliber di Jalan Sisingamangaraja Balige.

Pandapotan Kasmin Simanjuntak calon bupati Tobasa periode 2010-2015 mengaku bahwa dirinya merasa biasa saja dan tidak ada yang luar biasa tentang prediksi perolehan suara terbanyak ini. Kendati demikian, Kasmin Simanjuntak mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang memilih dan yang tidak memilih.
“Kalau KALIBER menang, itu adalah berkat Tuhan. Terima kasih kepada masyarakat yang telah memilih dan yang tidak memilih dan juga terima kasih kepada anak-anak Tobasa. Berkat anak-anak juga, pasangan KALIBER bisa menang,” kata Kasmin Simanjuntak.
Menurut pantauan Global, masyarakat Tobasa sangat antusias memberikan hak suaranya untuk memilih calon bupati dan wakil bupati idolanya. Pasalnya, sekitar pukul 11.00 Wib di sejumlah TPS yang dipantau Global, masyarakat telah selesai memberikan hak suaranya.
Prof DR Adler Hayman Manurung ahli ekonom mengatakan, perolehan suara terbanyak pasangan KALIBER adalah bukti nyata kedekatan Kasmin dan Liberty kepada masyarakat Tobasa.
Ia berharap mudah-mudahan Tuhan memberkati pasangan KALIBER untuk memimpin Tobasa ke depan demi kemajuan pembangunan kabupaten Tobasa ke arah yang lebih baik.
Adapun hasil perolehan pemungutan suara hingga sekitar pukul 20.45 Wib, pasangan nomor urut 1 dr FL Parluhutan Sitorus MKes-Asmadi Lubis SH MKn (OBAMA) memperoleh 11.517 suara (14,44 persen).
Pasangan nomor urut 2 Ir Mindo Tua Siagian MSc-Drs Ervan Gani Siahaan (DONGAN) 2.782 suara (3,49 persen). Pasangan nomor urut 3 Drs Monang Sitorus SH MBA-Mangatas Silaen (MONAS) 27.119 suara (34,01 persen).
Pasangan nomor urut 4 pasangan Drs Tonggo Maruhum Napitupulu MSi-Ir Reinward Simanjuntak MM 3.669 suara (4,60 persen). Pasangan nomor urut 5 Pandapotan Kasmin Simanjuntak-Liberty Pasaribu SH MSi (KALIBER) 34.663 suara (43,46 persen).
Jumlah pemilih yang mempergunakan haknya 87.875 suara dari total 116.582 sesuai DPT. Dengan rincian 79.750 suara sah dan 8.125 suara tidak sah.

JHONNY SIMANJUNTAK | GLOBAL | TOBASA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: