Butuh Dana Usaha, Silakan ke Menkop UKM

Kamis, 17 Juni 2010 | 11:41 WIB
BOGOR, KOMPAS.com – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarifuddin Hasan menantang sarjana yang belum bekerja untuk menjadi wirausahawan pemula.

“Saya ajak anda berhenti mencari kerja, tapi menciptakan kerja. Bagi yang membutuhkan dana untuk memulai usaha, silakan datang ke Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM),” katanya pada seminar dan lokakarya nasional daya saing internasional Indonesia di Bogor, Kamis (17/6/2010).

Ia menyebutkan saat ini setidaknya tercatat 625 ribu sarjana menganggur sehingga sumberdaya manusia potensial tersebut perlu mendapatkan perhatian guna menghadapi persaingan.

Da mengajak mahasiswa dan sarjana yang belum mendapatkan pekerjaan untuk menyambut tantangan yang diberikannya dengan terjun menjadi wirausahawan pemula. “Saya yakin dengan ilmu pengetahuan dan militansi kelompok yang dihasilkan dari perguruan tinggi ini ada celah untuk mengurangi angka pengangguran,” katanya.

Guna mendapatkan modal usaha, Syarifuddin Hasan hanya meminta dengan apa yang disebutnya “serahkan apa yang paling anda cintai”.

Ia kemudian menjawab sendiri pengertian itu, yakni bukan kekasih atau pacar, melainkan ijazah perguruan tinggi yang dimiliki masing-masing sarjana sebagai bukti untuk mendapatkan modal usaha.

Bukti ijazah perguruan tinggi itu, kata dia, sekaligus sebagai “garansi moral”, karena modal usaha yang dikucurkan tersebut adalah uang negara yang mesti dipertanggungjawabkan secara benar.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: