Tabungan Berjangka: Lagi Ngetrend dan Bermanfaat untuk Investasi Bernilai Kecil

 

Hari gini, kita mesti menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk masa depan, dong… Jika Anda telah memiliki sumber penghasilan dan bahkan sudah memiliki sejumlah uang untuk diinvestasikan, mungkin Anda mendapati diri Anda sering menyimak informasi-informasi finansial mengenai investasi yang ada di berbagai media. Bahkan, Anda mungkin bingung mau pilih sarana investasi yang mana.

 

Begitu banyak alat investasi yang bisa Anda pilih. Menabung di bank, deposito, asuransi, saham, obligasi, reksadana, logam mulia, perhiasan, real estate dan properti, valuta asing, dan lain-lain. Kali ini kami akan mengetengahkan produk investasi yang kini sedang ngetrend: tabungan berjangka. Meski sedikit konvensional karena sifatnya tetap tabungan di bank, tetapi fitur-fiturnya yang lumayan aplikatif bisa memberikan Anda kenyamanan dalam mencapai tujuan investasi.

Apa itu tabungan berjangka?

Tabungan berjangka adalah sebuah produk tabungan dari bank, di mana nasabah menyetorkan sejumlah dana yang jumlahnya tetap tiap bulan, selama periode yang sudah ditetapkan. Sedikit mirip asuransi, hanya kalau tabungan berjangka, periodenya relatif singkat, Lamanya menabung dan jumlah dana yang rutin disetorkan bisa diatur sesuka hati, sesuai dengan yang ditawarkan pihak bank. Setelah jatuh tempo, tabungan baru bisa diambil, tentunya dengan bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa.

Contohnya begini. Ibu Caca memutuskan untuk mengikuti program tabungan berjangka di sebuah bank pemerintah. Ia memilih jangka waktu lima tahun, dengan jumlah setoran Rp 200.000 per bulannya. Jadi setiap bulan, selama lima tahun, ia menyetorkan uang sebesar itu ke bank tersebut. Lima tahun berselang, ia pun bisa mengambil tabungannya yang sudah berbunga dengan angka yang lumayan.

Tabungan berjangka sering dikemas dalam bentuk tabungan pendidikan. Memang biasanya orang paling rajin menyimpan uang jika ditujukan untuk masa depan anak-anak mereka. Tabungan pendidikan memungkinkan orang untuk menabung untuk mencapai tujuan finansial sekian rupiah pada target waktu tertentu�misalnya tujuh juta rupiah saat sudah tiba saatnya si anak masuk TK, lima belas juta saat ia masuk SD, atau seratus juta saat ia masuk universitas. Tetapi meskipun Anda tidak punya anak, atau punya anak tapi tidak bermaksud menggunakan dana tersebut untuk pendidikannya, jangan khawatir, Anda tetap bisa mengikuti tabungan pendidikan yang ditawarkan di bank-bank.

Keuntungan tabungan berjangka

Mengikuti program tabungan berjangka memberikan beberapa keuntungan. Yang pertama adalah Anda ‘dipaksa’ menyisihkan sejumlah dana untuk ditabung. Hal ini berguna jika Anda adalah tipe orang yang lebih suka menghabiskan seluruh pendapatan Anda untuk dikonsumsi, dan seringkali lupa menabung. Dengan membuat perjanjian dengan pihak bank untuk menyetorkan sejumlah uang secara rutin, mau tak mau Anda akan punya tabungan yang bisa berguna untuk masa depan Anda.

Yang kedua, tabungan berjangka bisa jadi pilihan Anda jika Anda tak punya dana yang besar untuk investasi. Ada bank-bank yang menawarkan setoran mulai dari seratus ribu per bulan, dalam jangka waktu mulai dari setahun. Bagi yang punya dana besar juga bisa ikut, misalnya lima juta setahun dalam jangka waktu beberapa tahun. Yang penting adalah nilai tujuan finansial Anda: hendak memperoleh dana sekian rupiah dalam berapa lama? Jika Anda sudah menetapkan angka sekian rupiah per bulan, tetapi seiring berjalannya waktu Anda ingin menambah dananya, negosiasikan saja dengan pihak bank, biasanya mereka fleksibel terhadap perubahan-perubahan semacam itu.

Keuntungan tabungan berjangka yang ketiga adalah mudah dicairkan. Jika tabungan Anda belum mencapai waktu dan jumlah yang disepakati, tetapi Anda terpaksa menariknya karena butuh dana, pihak bank dapat mencairkannya untuk Anda. Tetapi biasanya Anda akan dikenakan denda yang sering disebut ‘biaya administrasi’.

Keuntungan yang keempat adalah Anda bisa mendapatkan kompensasi lebih dalam bentuk asuransi jiwa. Fitur ini banyak ditawarkan oleh bank-bank di Indonesia, jadi cobalah meneliti dan bandingkan beberapa bank yang menawarkan tabungan berjangka, sebelum menetapkan pilihan. Jadi jika Anda meninggal dunia atau mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cacat selama periode menabung, ahli waris Anda dapat memperoleh sejumlah dana sesuai kesepakatan.

Keuntungan terakhir adalah hadiah langsung yang banyak ditawarkan bank-bank. Hadiah langsung ini bervariasi, dan seringkali tergantung dari jumlah besar uang yang akan Anda tabung di tabungan berjangka. Ada yang berupa voucher belanja, televisi, ponsel, MP3 player, dan sebagainya. Lumayan juga, kan?

——————————————————————————–

Saat ini tidak hanya bank-bank baik milik pemerintah maupun swasta yang memiliki produk tabungan berjangka, namun bank-bank perkreditan rakyat (BPR) pun sudah banyak yang menawarkannya pada nasabahnya. Tertarik? Segera kunjungi bank Anda dan mulailah berinvestasi dengan tabungan berjangka dari sekarang. (hanyawanita.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: